Kamis, 17 September 2009

Mendaftar blog ke google reader untuk mempercepat terindeks google

Mendaftar blog ke google reader untuk mempercepat terindeks google
clip_image001
Selain mendaftar blog ke iGoogle , Google reader merupakan salah satu layanan gratis dari google yang bisa anda manfaatkan untuk membantu mempercepat blog anda terindeks oleh google. prinsip kerja dari google reader adalah membaca feed dari blog . Jadi jika anda sudah mendaftar feed blog ke google reader, maka secara otomatis google reader akan meloading 10 postingan terakhir/terbaru dari blog.
Secara umum google lebih memprioritaskan mengindeks website yang page ranknya lebih tinggi. Karena web google reader lebih tinggi pageranknya dari blog anda, maka otomatis robot google lebih dahulu mengindeks perubahan yang ada di halaman google reader, selanjutnya saat menelusuri link yang ada di dalam web google reader tersebut akan menemukan link ke blog, jadi besar peluangnya blog anda akan terindeks lebih cepat jika dibanding anda tidak mendaftarnya ke google reader. (terkecuali jika blog anda lebih tinggi Pagerank- nya dari Pagerank google reader, maka anda mungkin tidak perlu mendaftar ke google reader).Pendapat di atas hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi, jadi bisa saja keliru. Namun buat teman yang tertarik dengan tips SEO Blog ini bisa melanjutkan membaca postingan berikut.
Cara mendaftar blog ke google reader, bisa ikuti prosedur berikut:
1. login ke halaman google reader
masukkan email dan password gmail , kemudian  klik sign in
clip_image002

2. Klik add a subscripction
Masukkan feed blog anda pada kotak teks yang tersedia
Contoh: http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default
Misalnya feed blog saya :
http://mycomputerdummies.blogspot.com/feeds/posts/default
klik tombol Add
clip_image003

3. Jika berhasil akan tampak postingan blog,  jika postingan blog tidak muncul, klik tombol All items
clip_image004
Catatan:
cara di atas tidak menjamin mempercepat blog terindeks google, namun dari beberapa blog yang saya daftar ke google reader dan igoogle lebih cepat terindeks google dibanding dengan yang tidak terdaftar di google reader, biasanya blog saya yang PR 4 terindeks dalam range 15 menit hingga 2 hari, sedangkan untuk blog PR 2 terindeks sekitar 1 hingga seminggu.
Silahkan dicoba mudah-mudahan mempercepat blog terindeks google.
Jika teman-teman ingin melihat contoh feed blog yang telah terdaftar di google reader, bisa dilihat disini
Versi 1 Google reader blog
Versi 2 Google reader
Selain memasang blog pada google reader , link google reader bisa juga dipasang di halaman profile blogger. Sehingga jika ada pengunjung yang membuka halaman profil tersebut maka mereka dapat melihat link google reader.Biasanya saat anda comment di blog orang lain dengan memilih comment as blogger , maka pengunjung dapat melihat halaman profil tersebut.
Cntoh link google reader yang terpasang di halaman blogger profile bisa dilihat disini blogger profile
Cara membuat profile blogger bisa dilihat disini backlink google profile
Beberapa posting lain yang bermanfaat untuk mengoptimalkan blog dan secara tidak langsung dapat meningkatkan trafik blog bisa dilihat disini Teknik SEO Blog

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates